10 Karakter Entrepreneur Sukses Yang Patut Dicontoh

Dalam hal ini begin-up siswa SMK binaan Technopark mampu menggunakan bisnis model yang akan dijalaninya. Business Modal Canvas ini dipilih karena mudah untuk digunakan para pengusaha yang baru mulai merintis usahanya. Setiap start-up siswa SMK binaan technopark ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang jelas tentang bisnis yang akan dijalaninya. Workshop ini memberikan kemudahan dalam melangkah ke tahap pembinaan selanjutnya. Semakin banyak start-up pengusaha muda lokal yang berkualitas lahir di Indonesia. Narasumber utama mengangkat tema “Ubah hobi jadi Manfaat”.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Jadi, untuk melatih talent kamu agar menjadi lebih mahir, kamu bisa mempelajarinya dengan mudah melalui Youtube. Banyak juga perusahaan maupun Youtuber yang memerlukan editor video secara freelance juga. Pekerjaan satu ini bukan berarti kita tinggal copy paste saja ya, melainkan copywritter bertugas sebagai penulis untuk mereview barang, jasa, maupun bentuk promosi lainnya guys. Biasanya disesuaikan dengan permintaan perusahaan atau bahkan permintaan klien nih. Cukup membuat konten menarik dari rumah, misalnya tutorial make up atau memasak. Belajar berwirausaha langsung berkaitan dengan diri anak, dan jika anak kelak menjadikan bakat sebagai arah kariernya, ia harus bersiap menghadapi tantangan seperti yang dihadapi tokoh anak penjual es nanas.

Namun, media sosial menjadi peluang besar untuknya dalam memasarkan berbagai macam barang jualannya. “Media sosial jadi tempat terbaik untuk menjual barang, apalagi menjadi penjual pakaian on-line bisa lewat paket pengiriman,” akunya. Dengan kerja keras tersebut, Hamka pun mulai menabung dan menyisihkan laba usaha setiap tahun.

Anak-anak muda di sekolah yang jago desain berbagai program ilustrasi bisa diarahkan untuk mengelola bisnis kreatif di bidang promoting. Pekerjaan mendesain yang tentu lebih mudah dikerjakan oleh anak muda bersemangat dengan modal bisnis yang masih terjangkau dengan kondisi keuangan sekolah. Banyaknya peluang bantuan dari pemerintah untuk pengembangan sektor ekonomi kreatif di SMK. Di sini akan lebih membantu dan memudahkan calon pengusaha muda untuk belajar mencari sumber modal bisnis. Walaupun menikmati berkuliah sambil berjualan, Awi mengakui sempat tidak kuat dan ingin menyerah. Karena ada kalanya dagangannya tidak laku-laku, dan menyebabkannya hampir putus asa.

Namun, siapa sangka PT Artha Mas Graha dalam waktu sesingkat ini, dia bisa memiliki berbagai jenis usaha. Selain konstruksi baja, perusahaan yang baru berbentuk Perseroan Terbatas sejak tahun 2011 lalu juga berkecimpung dalam bisnis jasa angkutan, penyewaan alat berat, serta juga distribusi bahan baku besi. Dwi ardianto sang ketua PENCIL menjelaskan bahwa siswa yang bergabung dalam kelompok ini adalah siswa-siswi yang mempunyai kepedulian terhadap lingkungan mereka merasa resah jika banyak ditemukan sampah di sekolah. Sedangkan Arvendo bercerita bahwa selain belajar hidup ramah dengan lingkungan anggota kelompok pencil juga belajar berwirausaha mereka mulai belajar bagaimana merubah sampah menjadi berkah. Sampah plastik yang tidak dijadikan kerajinan mereka jual dipengepul dan uangnya dapat digunakan untuk menambah uang saku. Demikian juga kompos yang berhasil dibuat juga dipasarkan kepada masyarakat dan mereka mendapat uang dari itu.

Jiwa bisnis yang sudah ada sejak sekolah perlu untuk dikembangkan agar kemampuan dalam berkomunikasi bisnis semakin terlatih. Terdapat banyak sekali peluang bisnis untuk anak sekolah yang bisa dijalankan dengan hanya modal kecil tetapi memiliki keuntungan yang besar. Melalui upaya semacam ini, lulusan siswa SMK diharapkan mampu bersaing di dunia indsutri baik sebagai pekerja maupun sebagai penyedia lapangan judi online kerja. Namun, sorotan lain menunjukkan bahwa lulusan SMK menjadi penyumbang tertinggi angka pengangguran terbuka di Indonesia. Namun, angka tersebut bukanlah menjadi suatu halangan bagi SMK untuk tetap mengantarkan siswanya siap kerja, siap berwirausaha. “ada lulusan SMK dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, namun ia bekerja di suatu perusahaan elektronik, bahkan banyak juga yang mendirikan CV.