6 Tips Agar Produksi Asi Melimpah Dan Kental, Tak Cukup Dengan Makanan

Terutama bagi vegetarian, kacang-kacangan menjadi sumber protein non-hewani berkualitas tinggi yang murah di kantong. Saat si Kecil berusia 2 tahun, pertumbuhannya tidak sepesat saat ia masih bayi. Namun, kini ia lebih aktif berjalan, berlari, bahkan melompat dan memanjat. Untuk itu ia akan membutuhkan energi dan nutrisi lebih banyak dibandingkan usia sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang dan aktivitasnya saat ini. Menu anak 2 tahun sudah sama seperti orang dewasa, tapi sebaiknya terdiri dari asupan yang sehat dan bergizi.

Kandungan galactagogue di dalam kacang juga baik untuk meningkatkan produksi ASI. Ketika sedang menyusui, bunda disarankan untuk mengonsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat lain selain nasi putih. Gandum utuh dapat diperoleh dalam bentuk oatmeal, sereal, dan roti gandum. Selain itu, kandungan phytoestrogen di dalam sayuran yang berwarna gelap bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Daun katuk bukanlah jenis sayuran yang asing untuk masyarakat Indonesia.

Maka, memenuhi kebutuhan air putih menjadi hal yang sangat penting. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin C dibandingkan saat masa kehamilan. Jeruk yang kaya akan vitamin C merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan ini.

Biji-bijian yang berkhasiat untuk memperbanyak ASI antara lain wijen, biji chia, dan biji rami atau flaxseed. Biji-bijian ini mengandung senyawa fitoestrogen yang baik untuk meningkatkan produksi ASI. Selain galaktagog, sayuran hijau juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen.

Penuhi kebutuhan makanan bergizi seimbang lainnya seperti nasi dan lauk pauk agar masa menyusui serta pertumbuhan bayi dapat berjalan dengan baik. Jagung manis perlu Ibu konsumsi juga untuk meningkatkan ASI. Kandungan karbohidrat serta protein di dalam jagung mampu memperbanyak ASI, bahkan bagi Ibu yang setelah melahirkan dan belum mengeluarkan ASI. Jagung dapat dikonsumsi melalui hidangan seperti sup, salad, atau digoreng. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin D dan B6, serta karoten yang tak hanya bagus untuk Si Kecil tetapi juga akan mencukupi kebutuhan nutrisi Moms sehari-hari.

HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya. Jika Anda perokok maka berhentilah sekarang juga, apabila suami Anda merokok jangan perbolehkan untuk merokok di ruang bayi. Asap rokok akan menghambat ASI dan memberikan pengaruh negatif yang berbahaya pada bayi akibat zat kimia yang terkandung di dalamnya. Mintalah bantuan bantuan dari pasangan, teman, atau keluarga untuk mengurus keperluan sehari-hari.

Resep makanan agar asi banyak

Biarkan bayi menyusu dari sisi payudara pertama hingga berhenti dengan sendirinya baru kemudian berikan sisi payudara yang lain. Jika selama menyusui ASI tidak keluar terlalu banyak dan berbeda dengan saat dipompa, mungkin perlekatan yang dilakukan bayi selama ini kurang tepat. Usahakan untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan santai saat menyusui agar tubuh dan pikiran lebih nyaman. Proses ini biasa dikenal dengan nama let down reflex yang membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara. Sementara itu, ibu bisa merasa kewalahan karena ASI terus-terusan mengalir keluar dari payudara ketika sedang tidak menyusui.