7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

Begitu saat pendaftaran tiba, pihak universitas akan mempertanyakan aktivitasmu pasca PHK. Kalau aktivitasmu hanya persiapan untuk kuliah kembali, hal ini bisa berpengaruh negatif pada aplikasimu. Di tahun yang lalu, pasti timeline media sosialmu sempat dipenuhi kabar dari beberapa temanmu yang sedang bersiap kuliah pascasarjana baik di dalam ataupun luar negeri. Biasanya, kejadian seperti itu akan membuatmu rajin mencari informasi mengenai beasiswa dan universitas-universitas terbaik di dunia saat menelusuri web. Memang sepertinya kembali mengenyam bangku kuliah kini menjadi tren di kalangan teman-teman sebayamu.

Banyak juga dari mereka yang akhirnya begadang dan ditemani kopi agar mereka dapat terjaga hingga pekerjaan mereka selesai. Menurut saya, hal yang seperti ini merupakan suatu hal yang nggak baik untuk dijadikan suatu kebiasaan, lho. Ketika kamu memiliki segudang kegiatan, lalu kamu memiliki waktu yang nggak banyak untuk beristirahat, hal yang paling dikhawatirkan ialah terserang berbagai penyakit. Nah, maka dari itu, gaes, jika kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak, selain kamu gunakan untuk mengerjakan tugas, gunakan waktu itu untuk beristirahat, ya, gaes. Kalau kamu memiliki deadline tugas kuliah, maka gunakan waktu luangmu untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahmu. Meskipun deadline tugas kuliah masih jauh, kamu juga harus cek, gaes, tentang seberapa sulit tugas kuliahmu.

Itulah mengapa pentingnya memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Contohnya, kamu bisa gunakan waktu perjalanan menuju tempat kerja dengan belajar untuk ujian di kampus atau mengerjakan tugas. Selain membaca, kamu juga bisa mendengarkan rekaman materi pelajaran yang bisa kamu dapatkan secara on-line. Sehingga, kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika ujian di kampus tiba, tanpa beralasan tidak adanya waktu untuk belajar. Bekerja dan kuliah di waktu yang bersamaan memang memberikan banyak manfaat. Namun, hal ini bisa menjadi masalah yang besar jika keduanya tidak dilakukan dengan baik dan benar.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Pada saat kalian memiliki waktu luang, maka pergunakanlah waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Jangan sampai tugas-tugas kuliah kalian menumpuk dan akhirnya kalian menjadi malas untuk menyelesaikannya. Pekerjaanmu tentu membuatmu slot terbaru 2021 tidak punya waktu sebanyak temanmu yang fokus kuliah. Waktu yang kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas harus benar-benar terpakai efektif tanpa gangguan. Kalian bisa mematikan gadget sementara agar tidak ada gangguan yang mencuri waktu.

Namun, anda tetap harus menghadiri kelas walaupun anda harus bangun jam 7 atau eight pagi. Hal terbaik tentang tinggal di kampus adalah anda bisa berjalan kaki ke kelas. Pepatah ini lebih merupakan perumpamaan tentang betapa pentingnya waktu, karena waktu selalu berjalan tanpa kompromi, dan waktu yang telah berlalu tak pernah akan kembali. Jika kita tidak menggunakan waktu, dalam pengertian berbagai kesempatan, seperti peluang untuk sukses dan berprestasi, bisa jadi kesempatan itu tak akan kunjung lagi. Waktu seperti “deterministik” dalam pengertian menentukan nasib manusia tanpa kompromi. Tinggal manusia yang memanfaatkan waktu, atau jika tidak, waktu yang akan melindas manusia.

Hal ini penting jika atasan akan memberi kamu tugas tambahan, padahal kamu harus segera kuliah selepas kerja. Selain atasan, tim kerja juga perlu diberi tahu untuk mendukung kuliahmu. Mereka akan memberikan toleransi jika komunikasi sudah berjalan lancar. Kamu harus memiliki target waktu untuk memperoleh gelar sarjana.