Cara Maksimalkan Potensi Anak Muda Hadapi Bonus Demografi

Pada tahun 2012 gua berkesempatan untuk menghadiri sebuah acara Konferensi International pertama di Filipina dengan tema Humanisme. Sebagai salah satu wakil dari Indonesia, gua dituntut untuk bisa membawakan materi dan berbicara tentang sejarah kasus pelanggaran HAM di Indonesia dengan menggunakan Bahasa Inggris. Awalnya sih gua ngerasa lumayan pede karena persiapan gua cukup mateng dan kemampuan Bahasa Inggris gua juga lumayan. Saatnya lo bergaul sama orang-orang yang memberikan influence positif sama perkembangan diri lo.

Kemampuan serta kapasitas tersebut dapat atau bisa di bidang apa saja serta bisa berupa apa saja. Terlepas dari positif atau negatif, potensi tersebut tetaplah potensi. Keuletan, kerja keras, keberuntungan, serta bakat apabila punya menentukan seberapa jauh potensi itu dapat diaktualisasikan.

Terkadang kita tidak pernah tahu apakah hal yang kita lakukan merupakan salah satu dari bakat kita atau bukan. Kegiatan sangatlah luas, hal yang kita senangi mungkin sesuatu yang belum pernah kita coba lakukan atau pikirkan. Alasan inilah yang menyebabkan anda bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk tahu seperti apa sih pengalaman baru dan hal baru serta apakah mereka termasuk kedalam bakat anda yang ternyata terpendam.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Mental yang lemah hanya akan menghalangi kamu untuk berpikir positif dan kamu akan terjebak dengan pola pikir yang mengkerdilkan diri kamu sendiri. Jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan. Coba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Contohnya adalah kemampuan beradaptasi dengan orang lain, berbagai ilmu pada orang lain, negosiasi, bekerja dalam tim, dan kemampuan memimpin. Kedua, perlu ditanamkan dalam pikiran kita bahwa tidak perlu takut dan ragu untuk mencoba hal baru san mengembangkan potensi diri. Sebab, bisa jadi hal baru tersebut justru menjadi potensi Anda yang paling besar. Selalu optimis bahwa setiap hal yang Anda lakukan selalu berhasil perlu selalu ditanamkan dalam hati karena sikap optimis ini akan menjadi pendorong Anda untuk semangat mewujudkan tujuan hidup apa pun yang terjadi. Jika Anda selalu berpikiran negatif terhadap diri Anda, nilai itulah yang nantinya benar-benar akan muncul dalam diri Anda. Sebaliknya, jika Anda selalu berpikiran positif terhadap diri Anda, maka aura positif juga akan muncul dari dalam diri Anda.

Hal ini membuktikan bahwa dengan memberikan kontribusi kepada masyarakat bisa dikatakan sebagai bentuk investasi sosial untuk perusahaan. Kamu juga bisa memperdalam keterampilanmu dengan mempelajari pengalaman orang lain, buku dan istilah terkait hal-hal yang ingin kamu pelajari untuk mempertajam pengetahuan dan menirunya. Sedangkan investasi untuk leher ke atas maksudnya adalah menanamkan informasi atau pengetahuan secara terstruktur agar kemampuan penalaran otak semakin meningkat. Organ manusia yang berada pada bagian leher ke atas adalah otak yang menjadi organ very important slot terbaru 2021 untuk aktivitas berpikir atau menemukan solusi.

Terkadang justru orang lain yang memerhatikan dan mengerti kapasitas dan potensi kita dalam menekuni sebuah karier. Dibandingkan dengan orang lain memang tidaklah enak namun bagaimana dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda bisa menggunakan hal ini untuk motivasi, dimana membandingkan bisa membantu anda mencari sisi negatif maupun sisi positif yang ada dalam diri anda. Bakat tidak akan pernah menjadi sebuah bakat jika hanya didiamkan saja.