Daftar Makanan Penambah Asi Yang Enak, Dan Menyehatkan

Apabila Mama hanya mempunyai madu di rumah, tidak ada salahnya menambahkan madu ke olahan daun katuk. Pemanis alami ini sangat bagus apabila diminum bersamaan dengan daun katuk. Kemudian, tuang jus campuran buah dan daun katuk ke dalam gelas dan jus pun siap untuk Mama minum.

Dalam membuat menu MPASI, kamu diwajibkan untuk menggunakan bahan-bahan makanan yang segar dan berkualitas. Jika tak ada waktu untuk belanja ke pasar, belanja saja di Chilibeli. Aplikasi belanja on-line satu ini menyediakan aneka produk bahan makanan yang bermutu sehingga menjamin nilai gizi dari setiap bahan makanannya. Meski begitu, pemilihan makanan padat untuk MPASI tak boleh sembarangan.

Oleh sebab itu perlu dilakukan pemijatan untuk memecah gumpalan dan membuka penyumbatan. Jenis makanan tertentu ternyata ada yang bisa memperbanyak ASI dan ini harus banyak dikonsumsi. Daun katuk, sayuran dari segala jenis, buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, bubur, serta berbagai jenis biji-bijian akan merangsang produksi ASI secara alami. Beberapa booster ASI alami di atas patut dicoba saat Anda mengalami seret produksi ASI. Namun begitu, meningkatkan produksi ASI tidak hanya melalui booster ASI saja.

Biji wijen cukup banyak direkomendasikan karena merupakan sumber kalsium non-susu yang bagus, yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Setelah melahirkan, Bunda juga akan membutuhkan kalsium untuk pemulihan yang efektif. Nah, Bunda dapat menggunakan biji wijen dalam masakan harian atau membuat hidangan manis seperti martabak, roti panggang atau onde-onde.

Resep makanan agar asi banyak

Vitamin B1 ini akan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, termasuk memicu hormon oksitosin yang akan mengeluarkan ASI. Bahkan, kacang hijau juga membantu meningkatkan temper sehingga kamu lebih rileks saat menyusui. Jagung sebagai sumber karbohidrat memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui karena dapat menyuplai energi yang cukup. Banyak olahan yang dapat dibuat untuk menikmati jagung, salah satunya susu jagung.

Buah dan sayur bisa menjadi menu camilan sehat juga bagi ibu hamil. Beberapa jenis buah ini juga mudah dikonsumsi dan tidak perlu diolah terlebih dahulu. Coba pilih jenis greek yoghurt untuk dijadikan camilan sehat. Yoghurt ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein dan probiotik alami yang baik bagi kesehatan, khususnya bagi sistem pencernaan. Daun katuk mengandung zat latagogum yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, sayuran ini juga mengandung steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan kadar prolaktin.

Rebus iga sapi yang telah dipresto dalam kaldu, tambahkan kacang merah. Tumis bawang putih dan bawang bombai yang telah dicincang hingga harum. 1 sendok makan maizena, larutkan dengan 2 sendok makan air. Angkat dan rendam sejenak dalam air es untuk menjaga kesegaran warna dan menghentikan proses pematangan agar buncis tidak kehilangan tekstur renyah, sisihkan.

Pisang memang memiliki beragam manfaat dan hampir semua orang menyukainya. Sebagai bahan makanan pendamping, buah yang satu ini dapat dijadikan bubur. Pasalnya, teksturnya yang lembut tidak akan membuat Ibu kerepotan. Cukup mengambil sedikit demi sedikit menggunakan sendok dan lumatkan sebelum menyuapkannya ke bayi. Banyak kandungan nutrisi dari buah pisang matang, di antaranya serat, vitamin B6, fosfor, niasin, folat, serta potasium.