Kuliah Sambil Mengurus Buah Hati? Begini Cara Bagi Waktu Agar Seimbang

Tapi apakah ini waktu yang tepat untukmu meninggalkan zona nyaman demi meraih gelar pascasarjana? Coba simak pemikiran dan pengalaman kontributor Indonesia Mengglobal, Hanryano Yehezkiel, mengenai cara mengambil keputusan untuk meninggalkan karir demi kembali kuliah. Menyusun skala prioritas memang tidak semudah kelihatannya dan bagi kamu yang belum terbiasa pastinya menjadi tantangan sendiri. Apalagi ketika kamu sedang banyak sekali dihadapkan dengan pekerjaan dan deadline. Coba terapkan teknik manajemen dengan 4 skala kuadran prioritas di atas untuk bisa mengatur prioritas pekerjaan kamu dengan lebih baik sehingga kamu lebih produktif. Jangan lupa, menjadi produktif adalah kunci utama untuk bisa sukses #KejarMimpi.

Tanya juga fleksibilitas shift kerja yang memungkinkan kamu untuk bisa bertukar shift dengan pekerja lainnya jika ada jadwal kuliah. Artikel ini akan membantu kamu untuk dapat membagi waktu kulah, santai, bahkan menghasilkan uang di luar kegiatan permainan online kuliah seperti dilansir dari College Board. Setelah lulus kuliah S1 atau S2 kamu bisa tetap bekerja di tempat yang lama. Namun jika kariermu mentok, kamu bisa mencari pekerjaan lainnya dengan koneksi yang didapat dengan menjadi mahasiswa.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Sebaiknya kamu mulai konsisten menjalani pola hidup sehat dari sekarang. Atasan dan dosen harus mengetahui bahwa kamu kuliah sambil bekerja. Jadi, usahakan mencari waktu untuk menyampaikan kondisimu kepada atasan dan dosen. Kamu juga dapat melakukan studi kasus konkret berdasarkan hal-hal yang terjadi di kantor. Maka kamu pun tak akan kesulitan menyelesaikan tugas atau membuat tesis S2. Sebab nanti sebagian besar waktumu akan tersita untuk aktivitas kuliah dan bekerja.

Jika kalau dipikir betul-betul, bayarannya itu sebenarnya sangat kecil. Tapi menjadi event organizer itu tidak bisa dibilang menyenangkan juga. Karto mengaku kuliahnya terbengkalai karena fokus di dunia tersebut. Sejatinya, EO tidak lebih dari kumpulan orang yang menyiapkan suatu acara. Kesempurnaan menjadi kunci agar mereka bisa tetap dipercaya, maka dari itu mereka benar-benar fokus hingga hal lain sering terabaikan. Karto menekankan bahwa meskipun pengalamannya berharga, bergabung menjadi volunteer harus dipikir matang-matang.

Jika Anda tetap memaksakan diri Anda, maka tidak menutup kemungkinan jika bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Setelah dosennya terus meyakinkan dirinya, akhirnya dia pun mau mengikuti lomba itu, karena berkaitan dengan bidang pendidikannya yakni farmasi. TELUKJAMBE TIMUR, RAKA – Terlahir dari keluarga pas-pasan, bukan tidak mungkin bisa menjadi sarjana. Dengan begini Anda bisa dengan mudah mendapatkan data yang diperlukan suatu waktu nanti. Dari semua hal yang telah disebutkan sebelumnya bukan berarti Anda dilarang untuk melakukan hal lain. Anda tetap bisa sedikit bersantai dengan mengobrol atau bermain media sosial agar tidak terlalu stress dengan pekerjaan.

Rasanya, kamu nggak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, bercengkrama dengan keluarga, nongkrong-nongkrong bareng teman dan bahkan untuk mengerjakan tugas kuliah sekali pun. Ketika kamu memiliki dua kesibukan yaitu kuliah sambil kerja, pasti kamu memiliki waktu luang yang sedikit. Misalnya, nih, ketika kamu berkuliah sambil bekerja, pasti waktu dari pagi hingga soremu, di hari Senin hingga Jumat, telah dipakai untuk bekerja. Pada malam hari, yang biasanya waktu tersebut kamu gunakan untuk bercengkrama dengan orang rumah, justru waktu tersebut kamu gunakan untuk berkuliah. Sebenarnya “value it” ga sih kuliah pas kamu sudah memulai karir?

Agar tidak menyesal nantinya, kamu harus pandai memanfaatkan waktu yang kamu miliki dengan kegiatan berguna. Misalnya membuat jadwal harian yang dimulai dari bangun tidur sampai tidur lagi di malam hari. Pastikan tidak ada jadwal kuliah dan kegiatan organisasi yang saling bertabrakan. Dengan membuat jadwal, segala kegiatan perkuliahan dan organisasi yang kamu lakukan akan menjadi lebih terarah.