Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Masa berlaku Vitas terbatas maka kami harus segera mengubuhanya ke Kitas. Kami tinggal di Sumatera Barat namun semua dokumenku masih Sumatera Utara. Awalnya kami mengurus KITAS suami di Imigrasi Agam, namun kata suami ditolak dan harus di urus di Imigrasi Sibolga karena KTP ku masih KTP Padangsidimpuan.

Obat bius disuntikan di daerah punggung melalui selang khusus yang disebut kateter epidural. Selang tersebut dimasukkan ke dalam rongga saraf tulang belakang dan akan bekerja untuk menghilangkan rasa sakit setelah menit kemudian. Melihat sosok bayi dengan mata kepala sendiri saat pemeriksaan USG merupakan suatu kegembiraan dalam kehamilan. Gerakan janin pun juga menimbulkan perasaan akan kehadiran bayi di dalam perut Anda. Kesimpulannya, rasa gugup dan ketakutan sangat mempengaruhi proses persalinan dan justru akan mengganggu kelancaran proses persalinan. Untuk itu ketika beberapa bulan sebelum persalinan, Mamy sangat diharapkan mendapatkan relaksasi dan istirahat yang cukup.

Melahirkan regular adalah istilah bagi ibu yang melahirkan bayi melalui vagina. Proses ini akan dijalani ibu hamil ketika janin yang dikandungnya siap untuk dilahirkan. Pada fase ini, kontraksi sudah mulai terasa sangat kuat dan tajam. Hal ini ditandai dengan kepala bayi yang sudah mulai bergerak turun dari rahim menuju jalan lahir. Anda juga akan mengalami pecah ketuban, bisa di fase awal, aktif, maupun transisi.

Entah istri yang menurunkan lifestyle, suami yang kerja lebih keras, dsb. Suami asumsi bahwa kalau istri bekerja ya harus bantu-bantu ekonomi keluarga. Belum lagi untuk kesamaan visi investasi, asuransi, dana pendidikan, dll. Jadi keuangan hukumnya wajib ada dalam record pertanyaan sebelum menikah. Air Terjun Sikulikap sangat menarik untuk dikunjungin karena alamnya bagus. Trekkingnya juga gampang dan lokasinya berada di bawah Penatapan.

Proses pengurusan KITAS+MERP, SKTT, surat lapor dan BPJS untuk suami di tahun kedua sama dengan tahun pertama. Bedanya untuk KITAS di tahun kedua, pihak Imigrasi datang ke rumah untuk wawancara. Sedangkan pengurusan yang lain sama saja namun lebih mudah. Setelah wawancara dengan pihak Imigrasi, kami membayar biaya KITAS+MERP lalu suami melakukan picture dan sidik jari. Dari proses Itas, kami bolak-balik ke Imigrasi melengkapi dokumen yang ketingalan dan prosesnya selama 2 minggu. Pada saat proses ITAS, passport suami ditahan dan ITAS dikirim melalui e mail sponsor.

Aku malahan sempat Video Call dengan Ana mengenang masa-masa itu seolah mengulang hal yang sama. Saat hamil aku malah masih sering jalan-jalan dengan suami mulai dari air tejun, ke Padang Mangateh, ke Danau Singkarak, Air panas di Tanah Datar dan sampai ke Mekkah juga. Anehnya hamil rasa tak hamil, tapi ini sampai usia kandungan 7 bulan. Nyeri dada yang merupakan salah satu gejala dari angin duduk ternyata tidak bisa serta merta ditelan mentah-mentah.

Apakah lahiran normal sakit?

Proses melahirkan kala 2 bisa berlangsung 2 jam atau lebih. Perlu diketahui, pada fase ini akan muncul desakan untuk mendorong janin agar segera ke luar. Namun, jangan lakukan hal tersebut sebelum diminta oleh dokter. Mendorong janin sebelum serviks terbuka sempurna dapat menyebabkan serviks membengkak dan memperlambat proses persalinan. Rasa sakit saat melahirkan regular pun nanti akan terbayar dengan kebahagian yang tiada tara saat Bumil menimang buah hati tercinta untuk pertama kalinya. Dokter atau bidan yang menolong persalinan masih harus mengeluarkanplasenta dari rahim.

Bunda, itulah beberapa hal tentang jahitan persalinan yang perlu diketahui. Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk memastikan kondisi jahitan. Kalau mengalami salah satu gejala semacam ini atau lebih dari empat kontraksi dalam sejam, segera panggil bidan atau dokter, atau dokter.

Lalu kontraksi yang datang pun semakin kuat, lama dan lebih sering. Sakit yang dirasakan saat melahirkan mungkin bisa berbeda-beda antar ibu. Bahkan, sakit yang dirasakan ibu saat melahirkan bisa berbeda-beda pula antar kehamilan yang dimilikinya. Hal ini bisa terjadi karena genetik dan pengalaman ibu turut menentukan seberapa besar rasa sakit yang dirasakan.