Ingin Melahirkan Secara Normal, Ikuti 10 Ideas Berikut

Seperti faktor lingkungan, keluarga, pendidikan dan lain sebagainya. Ibu hamil memang sangat disarankan untuk tetap melakukan olahraga rutin. Ada baiknya juga didampingi oleh pelatih yang sudah profesional atau berpengalaman. Gerakan ini bermanfaat untuk mendorong perubahan sendi panggul, mendorong rotasi dan turunnya janin. Sambil berdansa minta suami untuk memberikan pijatan di punggung yang dapat meredakan nyeri pinggang. Tetapi, jangan berjalan terlalu lama, karena akan melelahkan.

Tips agar bisa lahiran normal

Ini adalah fase terberat tetapi juga terpendek karena menuju persalinan. Bunda akan merasakan tekanan meningkat di space panggul bawah dan ada kemungkinan kantung ketuban pecah. Rasa sakit akan lebih kuat dan berlangsung lama, dengan interval lebih sedikit, dan menjadi sangat teratur. Ini mungkin terjadi selama satu jam atau lebih sampai serviks melebar menjadi three centimeter . Rasa sakit di punggung bawah saat janin mulai menekannya karena janin sedang memposisikan dirinya untuk masuk ke posisi kepala di bawah. Wanita hamil harus menjauhi cerita menakutkan tentang melahirkan.

Selain itu, cobalah untuk menutup kartu kredit berbiaya tinggi untuk diganti kartu kredit dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Sering saya melihat orang-orang yang setelah enak menjajakan gajinya, menjadi ogah-ogahan membayar karena uangnya keburu habis. Untuk itu, jika Anda ternyata orang yang punya utang dan memiliki kemauan membayarnya, saya sangat menyarankan untuk membuat jadwal pribadi. Jadwal ini bukan sembarang jadwal, tapi sudah di break down dalam beberapa bagian untuk mengumpulkan uang yang kelak menjadi alat pembayaran utang. Ketika Anda tidak yakin untuk mampu membayar utang sebesar Rp 1 juta bulan depan, jangan pernah berfikir untuk meminjam!

Hal ini ditujukan agar bayi yang dikandung akan mendapatkan posisi terbaik, dan lebih mudah didorong ketika melakukan persalinan. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir keadaan sungsang pada bayi yang baru lahir. Camilan ringan pada tahap awal persalinan saat berada di rumah akan membantu Bunda memiliki energi yang cukup untuk melahirkan. Hindari makanan berlemak maupun makanan yang sulit dicerna karena perut yang terlalu kenyang akan membuat Bunda muntah ketika kontraksi mulai makin intensif. Untuk Bunda yang baru pertama kali melahirkan, proses persalinan sekitar 12 – 14 jam.

Namun cara ini terbilang cukup efektif untuk menghindari kerobekan saat kepala bayi terdorong keluar. Sudah bukan rahasia lagi kalau suhu yang hangat, mampu membuat aliran darah lancar. Otot yang kaku pun menjadi lebih lemas ketimbang sebelumnya. Maka dari itu, tempatkan handuk atau kain hangat di sekitar perineum saat proses persalinan. Salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh seorang ibu yang baru saja melahirkan adalah masa pemulihan usai persalinan normal.