Ini Proses Melahirkan Regular, Calon Ibu Harus Tahu!

Ikatan bonding antara suami terhadap istri dan anak, dipercaya akan semakin kuat setelah terlibat langsung dengan seluruh proses persalinan. Besar arti keberadaan serta dukungan suami saat melahirkan buat bagi ibu hamil. Dukungan ini sama pentingnya seperti peran suami saat istri hamil.

Tips lancar lahiran secara normal

Misalnya saja mendengarkan musik, membaca, atau menonton film favorit Bunda. Selain menenangkan, hiburan semacam ini juga ampuh mengalihkan perhatian Bunda dari rasa sakit saat kontraksi. , seringkali tenaga Anda tercurah untuk menahan rasa nyeri akibat kontraksi.

Sebab, saat kontrol rutin, dokter dapat menilai kondisi ibu maupun janin, serta mendeteksi dini berbagai komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan. Dengan melakukan cara mengejan yang benar saat melahirkan, akan membuat proses persalinan Anda lancar. Sebaliknya, salah dalam mengejan bisa saja menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Dokter dan tim medis nantinya akan memberi aba-aba pada Anda untuk berhenti mengejan. Langkah ini dilakukan sembari membersihkan cairan ketuban, darah, serta lendir yang mungkin menempel di mulut dan hidung bayi. Anda dapat merasakan sendiri kapan harus menarik napas, membuang, dan mendorong kuat saat melahirkan dengan cara normal. Posisi tubuh berbaring, dengan kedua kaki ditekuk dan terbuka lebar untuk memudahkan melahirkan dengan cara regular.

Selain dukungan dari keluarga, Anda juga bisa menggunakan jasa doula untuk membantu proses persalinan. Doula adalah profesional nonmedis yang akan memberikan dukungan emosional dan fisik selama proses kehamilan dan persalinan. Sebelum mencoba beragam cara mempercepat kontraksi atau intervensi medis agar bayi cepat lahir, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Berjalan, bergoyang, jongkok dan duduk dapat membantu pergerakan janin ke jalan lahir.

Cephalopelvic disproportion merupakan komplikasi kehamilan dimana terdapat ketidaksesuaian ukuran antara panggul ibu dengan kepala janin. Jakarta – Kesulitan melahirkan seringkali dialami Bunda tanpa tahu penyebabnya. Mulai dari berat janin yang terlalu besar, hingga bukaan macet atau tidak bertambah melebihi waktu yang seharusnya. Selain itu, pada umumnya ambeien yang terjadi saat kehamilan akan mengecil, bahkan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Jika Anda merasa yakin akan melakukan persalinan dengan posisi yang didukung gravitasi alami, sampaikan kepada dokter atau bidan. Tips agar melahirkan regular tanpa jahitan ini bisa dilakukan sejak minggu ke-34 dan seterusnya. Biasanya, jahitan dilakukan apabila dokter melakukan prosedur episiotomi.

Jika ibu hamil ingin minum susu, pilih susu kehamilan yang rendah gula. Intinya, pilih makanan yang tidak terlalu tinggi karbohidrat untuk mencegah bayi berukuran besar. Seperti misalnya mengatur asupan nasi, roti dan tepung-tepungan, serta snack dari kentang. Ibu yang mengalami diabetes gestasional bisa memiliki bayi yang berukuran besar atau makrosomi. Kalau makrosomi maka dianjurkan operasi karena bisa mengalami distosia bahu.