Ketika Seorang Istri Menjadi Tulang Punggung Keluarga, Bolehkah?

Peranan suami dalam memberikan izin serta ketulusannya dalam menerima keputusan istri untuk menjadi tulang punggung keluarga harus dibuktikan dengan sikap mendukung, karena merupakan keputusan kedua belah pihak. Selama kedua belah pihak dapat beradaptasi dan menyadari “sedikit” perubahan perannya dalam keluarga, kondisi ini tidak akan menimbulkan dampak negatif dalam pernikahan. Dalam kondisi demikian, suami dan istri harus saling menghormati, menerima, dan menyadari peran utama masing-masing di dalam keluarga. Lelah dan letih yang kita rasakan saat harus bekerja melampaui kemampuan bisa membuat kita merasa sedih dan terpuruk. Tak apa jika sesekali kita menangis dan bersedih karena keadaan yang sedang kita hadapi saat ini.

Dengan penghasilan susah payah kerja kerasnya, Retno menggunakannya untuk kebutuhan hidup ayah dan biaya sekolah adiknya. Bahkan Retno bisa kuliah dengan biaya sendiri yang saat ini semester 6 di salah satu Universitas Negeri di Kota Semarang. Seperti halnya Yusni Ibu empat anak asal Gampong Samakurok Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara, rela banting tulang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Hal itu dilakukan karena suaminya terbaring sakit di rumah sejak tiga tahun terakhir. Sosok perempuan lain yang jadi tulang punggung bagi keluarganya adalah Ramlah.

Pelatihan merias ini diikuti 30 wanita yang menjadi tulang punggung keluarga, baik itu janda maupun perempuan yang suaminya kurang bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Para peserta berasal dari 9 kecamatan terdekat, yaitu Kecamatan Tuban, Semanding, Merakurak, Palang, Rengel, Kerek, Jenu, Tambakboyo, dan Plumpang. Perempuan yang satu ini, menjalani profesinya sebagai sopir taksi karena keadaan. Demi kelangsungan hidup, Rita Deswati memanfaatkan keahlian yang dimilikinya yaitu menyetir untuk menopang hidup keluarganya setelah ditinggalkan suaminya. Rita sendiri adalah seorang sarjana namun karena setelah lulus langsung menikah, ia tidak pernah menggunakan ijazah yang diperolehnya untuk bekerja.

Beruntung, Billy seolah mewarisi aura bintang dan popularitas almarhum Olga. Kini, Billy menjalani kariernya sebagai selebriti terkenal layaknya Olga Syahputra. Berikut ini daftar artis sukses yang tercatat pernah mengaku menjadi tulang punggung keluarga. “Kayak misalkan siapa ‘Ayo ikut ini’, ya udah yuk ikut asalkan dapat misalkan contoh ‘yuk, dapat duit kerja’. Even itu mau sama siapapun orang terdekat, ya udah menghasilkan duit pasti aku ke keluarga,” imbuh Millen. Ia mengaku kerap diperlakukan tidak manusiawi di konten atau berbagai tayangan lain.

Yusni yang tetap tegar dalam menghadapi cobaan ini, menceritakan tentang dirinya yang sudah tiga tahun menjadi tulang punggung keluarga gantiin suaminya yang saat ini mengalami kerusakan saraf. Tapi banyak perempuan terpaksa menjadi tulang punggung keluarga. “Setiap saya keluar memulung, dia pesan mencari nafkah itu yang halal meskipun pemulung,” katanya.

Mengetahui Fadil yang putus sekolah dan memilih jualan kerupuk, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meminta Pemkab Garut segera bergerak. Deddy mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah setempat membantu meringankan beban bocah tersebut. Ia berjanji akan ikut membantu apabila memang dibutuhkan dari segi biaya. GARUT – Usia anak-anak merupakan masa emas untuk mengenyam dunia pendidikan. Sebab, bocah berusia 13 tahun ini harus menjadi tulang punggung ekonomi keluarganya. Enja saat ini mengaku sangat berbahagia karena mendapatkan bantuan.

Hingga warga sekitar kerap memberikan bantuan makanan dan juga berupa uang untuk meringankan beban keluarga ini. Warga setempat sebenarnya juga merasa kasihan dan telah berusaha membantu agar rumah Saji bisa diperbaiki melalui program pemerintah. Tetanggapun sangat prihatin dengan kondisi kehidupan Siti Nuriyanah yang di usia belianya tidak bisa dimanfaatkan untuk fokus belajar. Melainkan harus memikul beban orang dewasa seperti mencari uang dan juga mengerjakan tugas rumahan. Sementara itu, Nafi’ah perwakilan peserta dari Kecamatan Jenu yang mengaku sebelumnya tak pernah terjun ke dunia usaha merias mengatakan motivasinya mengikuti pelatihan ini agar bisa membantu perekonomian keluarga.

Menjadi tulang punggung bagi keluarga

Lami mengapresiasi usahamu untuk bercerita, karena tidak semua orang dapat melakukannya dengan mudah. Sikap itu menjadi pertanda bahwa kamu ingin memberikan yang terbaik bagi dirimu sendiri sehingga dapat kembali merasa lebih nyaman. Tomi adalah sedikit dari remaja kita yang mau memikul tanggung jawab besar. Sulitnya kondisi ekonomi sejak ayahnya meninggal, memanggil naluri lelakinya.

“Memang mencari sumber penghasilan tambahan tidak mudah, tapi kita tetap bisa berusaha, misalnya dengan menjadi reseller dagangan teman atau tetangga, menjadi gross sales lepas seperti agen asuransi, agen properti, dll,” tambahnya. Apalagi keluarganya pun masih memiliki tanggungan untuk melunasi motor sang ayah. Tembak Ikan Terpercaya Dalam unggahan Facebook tersebut pun terlihat bahwa Gilang membayar motor milik ayahnya dengan uang pecahan kecil. Tidak mudah di usia yang masih sangat muda untuk bekerja dan membantu dalam menafkahi keluarga. Cobalah memahami makna kebersamaan dalam pernikahan, rumah tangga ibarat kapal yang dikayuh oleh dua orang.