Rahasia Cara Melahirkan Regular Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Ibu yang ingin menjalani proses persalinan regular sangat dianjurkan untuk berlatih prenatal yoga. Sebab latihan ini dapat meningkatkan stamina fisik, terutama jika Anda menghadapi persalinan dalam waktu lama. Bayi yang sudah siap dilahirkan ke dunia umumnya berada di usia kehamilan antara minggu ke-37 sampai ke-42.

Persalinan caesar darurat pada dasarnya dilakukan untuk keselamatan Anda dan bayi. Setelah langkah pertama dilakukan berulang-ulang selama beberapa hari, tepuklah bagian yang berbeda dengan yang ditendang bayi sambil mengatakan, “Tendang! Ulangilah hal ini selama 1-2 minggu sampai bayi bisa menendang kembali bagian yang ditepuk ibu.

Kemudian, dokter akan memberikan oksitosin untuk meminimalisir perdarahan. Proses melahirkan regular dari kala 1 sampai kala 3 membutuhkan waktu sekitar jam. Namun bagi Ibu yang pernah melahirkan normal sebelumnya biasanya akan membutuhkan waktu bersalin yang lebih singkat.

Meski memiliki risiko tinggi, namun bukan berarti kamu tidak bisa melahirkan secara regular. Ibu hamil dengan tubuh pendek tetap bisa melakukan persalinan regular dengan mengikuti beragam tip berikut ini. Ibu hamil hanya perlu melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatan serta berat badan selama kehamilan. Kondisi yang sehat akan mengoptimalkan tubuh ibu dan bayi sebelum menghadapi prosedur VBAC. Pahami risiko yang mungkin terjadi saat menjalani persalinan regular. Persalinan memanjang , tali pusat menumbung , dan si Kecil terlilit tali pusat adalah risiko yang mungkin terjadi saat melahirkan normal.

Tips agar bisa lahiran normal

Bila Anda gemar menghirup aromaterapi, lakukanlah kebisaan ini terus hingga proses persalinan tiba, Moms. Aromaterapi dengan wangi lavender bisa jadi pilihan untuk membantu mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah tinggi dan rasa tenang. Kondisi yang tenang menjelang persalinan dapat membuat otot-otot Anda mengendur sehingga proses bersalin pun menjadi lebih mudah dan lancar. Latihan pernapasan yang baik agar tidak kehabisan napas saat proses melahirkan.

Mengikuti kelas senam hamil sangat baik pada saat menjelang melahirkan regular. Dengan berolahraga anda dapat mengatur pernapasan, meningkatkan kekuatan otot dan juga membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Saat kontraksi sudah dimulai dan Bunda menunggu pembukaan sempurna, mintalah seseorang melakukan pijatan di punggung dan panggul. Selain membantu mengurangi rasa sakit, Bunda juga akan merasa lebih nyaman dan tenang. Hasilnya, otot jalan lahir menjadi lebih rileks dan mendorong jalannya pembukaan.

Sambil menunggu proses persalinan yang semakin dekat, Ibu dapat melakukan gerakan berdiri sambil berpegangan. Gunakan pinggiran tempat tidur atau tangan pasangan sebagai pegangan. Gaya gravitasi dari posisi ini dapat merangsang bayi untuk turun dan mendekati jalan lahir, yang akhirnya mendorong pembukaan serviks lebih cepat. Latihan jongkok disebut sebagai latihan mudah namun paling baik bagi bumil yang merencanakan persalinan regular.

Pelepasan oksitosin dari stimulasi puting juga akan menimbulkan adanya kontraksi dengan cepat pada rahim. Meskipun hal ini tidak langsung ditujukan pada pembukaan serviks, dengan dilakukan perangsangan persalinan juga akan membantu. Menjelang proses persalinan tiba, Mums bisa mandi dengan air hangat. Sentuhan dari air hangat akan membantu merilekskan pikiran dan juga bisa mengatasi otot yang tegang pada tubuh Mums. Selain itu dengan cara mandi memakai air hangat ini juga membantu pembukaan lebih cepat. Yang sering menjadi kendala pada proses persalinan yaitu lamanya pembukaan.

Usia kehamilan Anda sudah lebih dari 40 minggu, sehingga membutuhkan tindakan operasi caesar. Vaginal after birth cesarean adalah istilah yang digunakan untuk prosedur kelahiran regular setelah seseorang pernah menjalani operasi caesar atau c-section di kehamilan sebelumnya. Bila Bunda terlalu lelah untuk mendorong si Kecil, bisa jadi dokter perlu melakukan episiotomi atau pengguntingan.