Surakarta Gandeng Pihak Ketiga Untuk Percepat Vaksinasi Warga Lansia

Kadangkala tekanan dan kritikan orang lain tersebut menambah ibu menjadi panik danbingung. Jika ibu sulit menghadapi berbagai kritikan dan tekanan, mintalah bantuan suami ataupun orang lain yang dapat membantu ibu untuk menghadapi hal tsb. Kadangkala ditemui orang yg tidak mendukung dalam pemberian ASI secara tidak disadari.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri memasukan menu minuman ini pada menu buka dan sahur anda selama puasa. Akan tetapi demikian, meski diperbolehkan menjalani puasa terkadang memang ada persyaratan tertentu dan kondisi yang perlu diperhatikan dengan baik oleh ibu menyusui. Hal ini dilakukan agar produksi ASI tetap lancar dan kualitasnya tetap terjaga. “Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen baru, terutama saat menyusui. Bahkan pengobatan alami dapat menyebabkan efek samping,” kata Nwadike. Sebenarnya tidak masalah mengonsumsi suplemen atau jamu selama menyusui.

Tips agar asi melimpah saat menyusui

Pilihlah pompa dengan kualitas yang baik dan melihat kebutuhan. Misalnya pompa elektrik cocok untuk Moms yang sibuk bekerja. Sementara jika masih sering menyusui secara langsung, Moms cukup membeli pompa yang handbook saja.

Apabila Ibu rutin menyusui bayi setiap 2-3 jam hingga ia kenyang, maka payudara akan mengirimkan sinyal ke otak untuk menghasilkan ASI sesuai kebutuhan tersebut. Dalam kurun waktu 3-7 hari, produksi ASI akan bertambah banyak sesuai perintah tersebut. Sebaliknya, jika Ibu jarang dan tidak konsisten menyusui, maka produksi ASI jadi ikut berkurang. Saat menyusui, habiskan satu payudara terlebih dulu, baru setelahnya berpindah ke payudara lainnya. Jika buah pepaya dapat dikonsumsi secara rutin selama proses menyusui, maka nutrisi di dalamnya akan masuk ke dalam ASI dan akan memberikan manfaat untuk si Kecil.

Untuk melancarkan produksi ASI, Busui bisa memerah atau memompa ASI lebih sering agar payudara terus memproduksi ASI. Busui bisa melakukannya secara rutin, misalnya setiap 2 jam sekali selama 15 menit. Namun, sesungguhnya cukup tidur dan menghindari stres bagi ibu adalah hal terbaik untuk memperbanyak ASI.